Rabu, 06 Mei 2015

Potensi Jualan Online



Trafiklink ingin memperkenalkan suatu metode untuk menghitung seberapa potensi jualan online yang dapat dicapai dalam suatu bisnis online. Potensi penjualan itu sendiri merupakan suatu kondisi penjualan maksimal yang bisa dicapai oleh penjual. Metode ini termasuk metode rasio berangkai yang melibatkan beberapa faktor yaitu jumlah penduduk, income dan alokasi anggaran untuk membeli produk suatu produk. Dengan metode ini diharapkan penjual atau pebisnis startup/ bisnis online dapat memperoleh suatu gambaran tentang kondisi peluang market yang dihadapinya.
Dalam bisnis online tentu ada beberapa asumsi numerik yang perlu diketahui misalnya; berapa jumlah user internet di Indonesia, berapa jumlah user internet yang menghabiskan waktu online minimal selama 3 jam (disebut masyarakat internet), berapa persen user akses internet by PC dan Smartphone untuk belanja online, berapa anggaran untuk  belanja online setiap bulannya, berapa income perkapita-nya. Sumber untuk mencari data tersebut bisa dari data sekunder maupun data primer (survey).
Misal untuk menghitung berapa potensi jualan hijab secara online dapat memakai rumus sederhana berikut ini;
Potensi penjualan hijab online = jumlah user internet x prosentase user akses by smartphone x income x prosentase pengeluaran untuk belanja online x prosentase pengeluaran belanja online untuk fashion x prosentase pengeluaran fashion untuk membeli hijab
Rumus sederhana potensi jualan online tersebut masih bisa dimodifikasi, misal untuk menghitung potensi penjualan hijab melalui PC atau gadget lainnya. Juga bisa dimasukan jumlah user yang aktif online lebih dari tiga jam per harinya. Selamat mencoba