Trafiklink ingin
memperkenalkan suatu metode untuk menghitung seberapa potensi jualan online
yang dapat dicapai dalam suatu bisnis online. Potensi penjualan itu sendiri
merupakan suatu kondisi penjualan maksimal yang bisa dicapai oleh penjual. Metode
ini termasuk metode rasio berangkai yang melibatkan beberapa faktor yaitu
jumlah penduduk, income dan alokasi anggaran untuk membeli produk suatu produk.
Dengan metode ini diharapkan penjual atau pebisnis startup/ bisnis online dapat
memperoleh suatu gambaran tentang kondisi peluang market yang dihadapinya.
Dalam bisnis online tentu
ada beberapa asumsi numerik yang perlu diketahui misalnya; berapa jumlah user
internet di Indonesia, berapa jumlah user internet yang menghabiskan waktu
online minimal selama 3 jam (disebut masyarakat internet), berapa persen user
akses internet by PC dan Smartphone untuk belanja online, berapa anggaran untuk
belanja online setiap bulannya, berapa
income perkapita-nya. Sumber untuk mencari data tersebut bisa dari data
sekunder maupun data primer (survey).
Misal untuk menghitung
berapa potensi jualan hijab secara online dapat memakai rumus sederhana berikut
ini;
Potensi penjualan hijab online
= jumlah user internet x prosentase user akses by smartphone x income x
prosentase pengeluaran untuk belanja online x prosentase pengeluaran belanja
online untuk fashion x prosentase pengeluaran fashion untuk membeli hijab
Rumus sederhana potensi
jualan online tersebut masih bisa dimodifikasi, misal untuk menghitung potensi
penjualan hijab melalui PC atau gadget lainnya. Juga bisa dimasukan jumlah user
yang aktif online lebih dari tiga jam per harinya. Selamat mencoba