Selasa, 15 April 2014

Menjual Keunggulan Toko Online



Menjual keunggulan toko online merupakan suatu terobosan bisnis dengan tujuan untuk melakukan perluasan jangkauan pemasaran sekaligus melakukan efisiensi biaya. Sejak munculnya software toko online mengundang ketertarikan para pebisnis online untuk menekuninya. Namun dari sekian banyak toko online yang bertebaran di dunia virtual tidak banyak yang menjual keunggulan dari toko online yang dimilikinya. Rata-rata masih bersifat standar dalam arti memajang produk berikut daftar harganya serta cara bertransaksi secara online.
Padahal menjual keunggulan toko online merupakan hal yang penting dipertimbangkan bagi setiap pebisnis online yang hendak mendulang income melalui aktifitas open marketplace seperti itu. Dari pengalaman browsing disini dapat dicontohkan beberapa toko online yang menjual keunggulannya sehingga memiliki perbedaan yang khas dibandingkan toko online lainnya. Contoh ini diharapkan dapat menginspirasi pebisnis online yang hendak meluncurkan situs daring-nya kepada publik netter. Adapun toko online yang dimaksud antara lain;
a.    Kreditmart dot co dot id
Situs ini boleh dibilang sebagai pelopor toko online yang menggunakan sistem kredit sebagai cara transaksi antara penjual dan pembeli. Situs ini menjual produk yang boleh dikata cukup lengkap dari perlengkapan kantor sampai mesin kapal. Situs ini juga disupport oleh beberapa perusahaan leasing/ pembiayaan yang akan membantu para member kreditmart untuk mendapatkan fasilitas kredit konsumsi terhadap produk yang dibelinya. Cukup menarik bukan. Jika di situs jual beli lainnya menetapkan cara pembayaran tunai maka di kreditmart justru sebaliknya kita dapat mengangsur sesuai pola angsuran yang kita tetapkan sendiri mengingat di situs tersebut juga dilengkapi fitur untuk menghitung berapa uang muka dan angsuran per bulannya serta tenor yang kita kehendaki.
b.    Jogglo dot com
Situs yang dibesut pada tahun 2013 juga menjual keunggulan toko onlinenya. Dari sisi produk yang dijual memang tidak jauh berbeda dengan toko online lainnya. Namun yang unik dari toko ini adalah memberikan kesempatan kepada para broker alias affiliate untuk menjualkan produk yang tercantum di situs dengan menggunakan media jejaring sosial seperti facebook. Ada menu jualkan dimana setiap member akan terhubung dengan akun facebook masing-masing sehingga produk yang akan dijual terpampang di-wall agar terlihat oleh follower. Jika ada transaksi maka broker akan mendapatkan fee. Selain itu untuk menjaga keterbukaan antara penjual dan pembeli situs ini menyediakan fasilitas rekening bersama. Rekening ini digunakan untuk menahan sementara dana dari pembeli sebelum penjual mengirimkan barangnya. Setelah barang terkirim baru dana tersebut dikirimkan ke rekening penjual. Penggunaan rekening seperti itu untuk menghindari tindak penipuan yang mungkin saja bisa terjadi dalam transaksi online.
c.    Lanjar dot com
Pemain baru dalam bisnis daring ini mengusung platform pemberdayaan pelaku UKM. Situs ini menampung sebanyak mungkin produk hasil kreasi pelaku UKM yang dimaksudkan untuk meningkatkan daya saingnya di pasar Asia. Dari bumbu pecel sampai kopikapulogo tersedia di rak toko ini. Selain itu, bagi para makelar-nya juga diberikan fasilitas untuk melakukan submit artikel ke rarusan blog yang bertujuan untuk promosi produk.
Perbedaan platform toko online seperti yang dicontohkan diatas tentu saja menjadi landasan dalam menjual keunggulan toko online yang dimilikinya agar mampu bersaing dari segi popularitas dan volume transaksi yang diharapkan oleh setiap pemiliknya. Semakin unik dan keren fasilitas yang ditawarkan oleh suatu toko online tentu saja bisa membawa dampak pada aktifitas pemasaran dengan jangkauan yang lebih luas dan kecepatan transaksi yang nyaman. Tentu saja kedepannya akan bisa muncul amazon-amazon yang lebih hebat dari Amazon-nya Jefrey Bezos sehingga produk-produk Indonesia bisa berjaya di pasar internasional.