Menjual keunggulan toko online
merupakan suatu terobosan bisnis dengan tujuan untuk melakukan perluasan
jangkauan pemasaran sekaligus melakukan efisiensi biaya. Sejak munculnya
software toko online mengundang ketertarikan para pebisnis online untuk
menekuninya. Namun dari sekian banyak toko online yang bertebaran di dunia
virtual tidak banyak yang menjual keunggulan dari toko online yang dimilikinya.
Rata-rata masih bersifat standar dalam arti memajang produk berikut daftar
harganya serta cara bertransaksi secara online.
Padahal menjual keunggulan toko
online merupakan hal yang penting dipertimbangkan bagi setiap pebisnis online
yang hendak mendulang income melalui aktifitas open marketplace seperti itu. Dari
pengalaman browsing disini dapat dicontohkan beberapa toko online yang menjual
keunggulannya sehingga memiliki perbedaan yang khas dibandingkan toko online
lainnya. Contoh ini diharapkan dapat menginspirasi pebisnis online yang hendak
meluncurkan situs daring-nya kepada publik netter. Adapun toko online yang
dimaksud antara lain;
a.
Kreditmart dot co dot id
Situs ini boleh dibilang sebagai pelopor toko online yang
menggunakan sistem kredit sebagai cara transaksi antara penjual dan pembeli. Situs
ini menjual produk yang boleh dikata cukup lengkap dari perlengkapan kantor
sampai mesin kapal. Situs ini juga disupport oleh beberapa perusahaan leasing/
pembiayaan yang akan membantu para member kreditmart untuk mendapatkan
fasilitas kredit konsumsi terhadap produk yang dibelinya. Cukup menarik bukan. Jika
di situs jual beli lainnya menetapkan cara pembayaran tunai maka di kreditmart
justru sebaliknya kita dapat mengangsur sesuai pola angsuran yang kita tetapkan
sendiri mengingat di situs tersebut juga dilengkapi fitur untuk menghitung berapa
uang muka dan angsuran per bulannya serta tenor yang kita kehendaki.
b.
Jogglo dot com
Situs yang dibesut pada tahun 2013 juga menjual
keunggulan toko onlinenya. Dari sisi produk yang dijual memang tidak jauh
berbeda dengan toko online lainnya. Namun yang unik dari toko ini adalah
memberikan kesempatan kepada para broker alias affiliate untuk menjualkan
produk yang tercantum di situs dengan menggunakan media jejaring sosial seperti
facebook. Ada menu jualkan dimana setiap member akan terhubung dengan akun
facebook masing-masing sehingga produk yang akan dijual terpampang di-wall agar
terlihat oleh follower. Jika ada transaksi maka broker akan mendapatkan fee. Selain
itu untuk menjaga keterbukaan antara penjual dan pembeli situs ini menyediakan
fasilitas rekening bersama. Rekening ini digunakan untuk menahan sementara dana
dari pembeli sebelum penjual mengirimkan barangnya. Setelah barang terkirim
baru dana tersebut dikirimkan ke rekening penjual. Penggunaan rekening seperti
itu untuk menghindari tindak penipuan yang mungkin saja bisa terjadi dalam
transaksi online.
c.
Lanjar dot com
Pemain baru dalam bisnis daring ini mengusung platform
pemberdayaan pelaku UKM. Situs ini menampung sebanyak mungkin produk hasil
kreasi pelaku UKM yang dimaksudkan untuk meningkatkan daya saingnya di pasar
Asia. Dari bumbu pecel sampai kopikapulogo tersedia di rak toko ini. Selain itu,
bagi para makelar-nya juga diberikan fasilitas untuk melakukan submit artikel
ke rarusan blog yang bertujuan untuk promosi produk.
Perbedaan platform toko online
seperti yang dicontohkan diatas tentu saja menjadi landasan dalam menjual
keunggulan toko online yang dimilikinya agar mampu bersaing dari segi
popularitas dan volume transaksi yang diharapkan oleh setiap pemiliknya. Semakin
unik dan keren fasilitas yang ditawarkan oleh suatu toko online tentu saja bisa
membawa dampak pada aktifitas pemasaran dengan jangkauan yang lebih luas dan
kecepatan transaksi yang nyaman. Tentu saja kedepannya akan bisa muncul
amazon-amazon yang lebih hebat dari Amazon-nya Jefrey Bezos sehingga produk-produk
Indonesia bisa berjaya di pasar internasional.