Bisnis air mineral memang tak ada surutnya, terbukti setiap tahun lahir
pemain baru di bisnis tersebut. Salah satumya adalah air mineral Ampo. Air mineral
ini diklaim mampu menyaingi kualitas air yang diproduksi oleh perusahaan amdk
papan atas. Selain sudah mengantongi lisensi dari POM juga hebatnya sudah
mengantongi sertifikasi sekelas ISO.
Air mineral Ampo memang berbeda dengan merek air mineral lainnya. Perbedaan
tersebut nampak dari beberapa segi antara lain;
a. Air mineral ini diproduksi dalam kemasan cup dan galon. Khusus
untuk kemasan galon si empunya perusahaan amdk ini masih membungkus galon air
mineralnya dengan plastik. Mengapa? Apa tidak menambah biaya produksi. Ya,
memang menambah biaya produksi namun si empunya amdk memiliki alasan khusus
yang hebat. Bahwa air mineral tidak saja harus higienis dalam proses
produksinya namun penting menjaga higienis kemasan air tersebut sampai kepada
end user sehingga kebersihan dan kesehatan konsumen tetap terlindungi.
b. Kepedulian terhadap pelanggan. seandainya suatu saat air
mineral tersebut mengalami cemaran dalam galonnya maka manajemen siap mengganti
dengan air mineral yang baru serta memberikan reward kepada pelanggan yang
memberikan informasi atas munculnya perubahan mutu air. Kesiapsiagaan manajemen
seperti itu memang ditujukan untuk menumbuhkan kepuasan dan loyalitas
pelanggan. Tentu saja jarang kita dengar jika produk suatu perusahaan mengalami
kerusakan entah dalam proses produksi atau akibat proses distribusi, perusahaan
justru memberikan reward kepada pelanggannya.
c. Penjualan air mineral ini dibuat dalam model paket dimana
setiap pelanggan wajib membeli 6 galon yaitu 5 galon untuk siap konsumsi dan
satu galon untuk reserve/ cadangan. Nampaknya, segmen perusahaan atau instansi
menjadi bidikan dari manajemen air mineral Ampo ini. Tentu saja hal tersebut
sudah diperhitungkan berdasarkan frekuensi penggunaan air mineral rata-rata
dalam satu bulan dari perusahaan atau instansi yang selama ini mengkonsumsinya.
d. Mengandalkan peran edukator sebagai ujung tombak
penjualannya. Peran edukator ini sangat vital karena bertugas untuk memberikan
edukasi akan pentingnya air mineral yang sehat dan higienis kepada para calon
pelanggan maupun pelanggan . uniknya, para edukator ini akan memperoleh royalty
dari manajemen atas setiap transaksi pembelian baru maupun pembelian ulang
sehingga dimungkinkan para edukator ini mendapatkan passive income yang cukup
menarik.
Nah, sudah terbukti ternyata otak kanan sangat menentukan dalam menciptakan
kreatifitas bisnis. Tanpa kreatifitas tentu saja akan sulit mewujudkan bisnis
yang mampu mengatasi kompetisi. Dan air mineral Ampo bisa menjawab tantangan
persaingan dalam bisnis amdk yang sudah teramat sangat ketat untuk saat ini.