Rabu, 30 April 2014

Air Mineral Ampo



Bisnis air mineral memang tak ada surutnya, terbukti setiap tahun lahir pemain baru di bisnis tersebut. Salah satumya adalah air mineral Ampo. Air mineral ini diklaim mampu menyaingi kualitas air yang diproduksi oleh perusahaan amdk papan atas. Selain sudah mengantongi lisensi dari POM juga hebatnya sudah mengantongi sertifikasi sekelas ISO.
Air mineral Ampo memang berbeda dengan merek air mineral lainnya. Perbedaan tersebut nampak dari beberapa segi antara lain;
a.    Air mineral ini diproduksi dalam kemasan cup dan galon. Khusus untuk kemasan galon si empunya perusahaan amdk ini masih membungkus galon air mineralnya dengan plastik. Mengapa? Apa tidak menambah biaya produksi. Ya, memang menambah biaya produksi namun si empunya amdk memiliki alasan khusus yang hebat. Bahwa air mineral tidak saja harus higienis dalam proses produksinya namun penting menjaga higienis kemasan air tersebut sampai kepada end user sehingga kebersihan dan kesehatan konsumen tetap terlindungi.
b.    Kepedulian terhadap pelanggan. seandainya suatu saat air mineral tersebut mengalami cemaran dalam galonnya maka manajemen siap mengganti dengan air mineral yang baru serta memberikan reward kepada pelanggan yang memberikan informasi atas munculnya perubahan mutu air. Kesiapsiagaan manajemen seperti itu memang ditujukan untuk menumbuhkan kepuasan dan loyalitas pelanggan. Tentu saja jarang kita dengar jika produk suatu perusahaan mengalami kerusakan entah dalam proses produksi atau akibat proses distribusi, perusahaan justru memberikan reward kepada pelanggannya.
c.    Penjualan air mineral ini dibuat dalam model paket dimana setiap pelanggan wajib membeli 6 galon yaitu 5 galon untuk siap konsumsi dan satu galon untuk reserve/ cadangan. Nampaknya, segmen perusahaan atau instansi menjadi bidikan dari manajemen air mineral Ampo ini. Tentu saja hal tersebut sudah diperhitungkan berdasarkan frekuensi penggunaan air mineral rata-rata dalam satu bulan dari perusahaan atau instansi yang selama ini mengkonsumsinya.
d.    Mengandalkan peran edukator sebagai ujung tombak penjualannya. Peran edukator ini sangat vital karena bertugas untuk memberikan edukasi akan pentingnya air mineral yang sehat dan higienis kepada para calon pelanggan maupun pelanggan . uniknya, para edukator ini akan memperoleh royalty dari manajemen atas setiap transaksi pembelian baru maupun pembelian ulang sehingga dimungkinkan para edukator ini mendapatkan passive income yang cukup menarik.
Nah, sudah terbukti ternyata otak kanan sangat menentukan dalam menciptakan kreatifitas bisnis. Tanpa kreatifitas tentu saja akan sulit mewujudkan bisnis yang mampu mengatasi kompetisi. Dan air mineral Ampo bisa menjawab tantangan persaingan dalam bisnis amdk yang sudah teramat sangat ketat untuk saat ini.