Selasa, 08 April 2014

Menciptakan Iklan Massal Gratis



Iklan massal gratis merupakan aktifitas promosi barang/jasa secara massal dengan menekan biaya seminimal mungkin. Iklan merupakan bagian dari aktifitas promosi yang bertujuan untuk memperkenalkan produk/ jasa kepada calon konsumen tertarget untuk menciptakan pembelian/ transaksi. Namun, kali ini yang dimaksud iklan massal gratis merupakan suatu visibilitas dari suatu produk yang tertempatkan secara baik sehingga calon pembeli dapat melihat secara langsung produk yang kita tawarkan.
Dalam bisnis melakukan promosi merupakan sesuatu yang penting namun keterlihatan suatu produk secara langsung oleh konsumen juga jauh lebih penting. Tidak semua wiraswasta yang kreatif memiliki budget iklan/ promosi yang memadai sebagai solusinya adalah dengan melakukan penampakan produk secara langsung kepada calon konsumen. Inilah yang dinamakan sebagai iklan massal secara gratis. Contohnya, jika Anda produsen jamu Sinom dalam kemasan botol adalah lebih baik mendistribusikan ke 3.000 toko klontong sekaligus yang ada di kota Anda daripada terburu-buru memasang iklan secara gencar-gencaran. Karena dengan menempatkan produk ke toko-toko tersebut maka secara langsung Anda telah melakukan iklan secara massal dan gratis sifatnya. Yang terpenting produk dikenal dan langsung dinikmati konsumen. Jika konsumen tahu mutu jamu yang Anda produksi maka kemungkinan konsumen membeli ulang akan semakin besar. Secara otomatis merek jamu akan mulai terbangun dengan sendirinya asalkan mutu produk tetap terjaga konsistensinya.
Di dunia properti juga demikian adanya. Bisnis penjualan rumah atau ruko sangat bergantung dengan lokasi/ place sehingga visibilitas bisa muncul. Jika lokasi perumahan atau ruko tidak berada dilokasi yang strategis besar kemungkinan transaksi akan berjalan lambat. Karena saat ini property sudah menjadi bagian dari investasi bukan sekedar sebagai pemenuhan kebutuhan papan belaka. Lokasi yang strategis itulah yang berfungsi sebagai iklan massal gratis. Belum lagi jika vendor properti menggandeng kerjasama dengan agen properti akan melipatgandakan kekuatan iklan untuk menciptakan probabilitas transaksi yang semakin cepat. Kecepatan transaksi tersebut dimungkinkan karena agen property biasanya memiliki agen yang cukup banyak untuk melakukan listing calon pembeli. Keberadaan para agen tersebut akan memperbesar visibilitas bisnis properti itu sendiri selain faktor lokasi tersebut diatas.
Faktor keterlihatan suatu produk sangat menentukan dalam menggiring minat calon pembeli. Apabila minat terhadap suatu produk sudah makin membesar maka peluang transaksi juga akan semakin cepat terjadi. Karena itu, iklan massal gratis tersebut bisa terwujud hanya dengan menampakan produk secara langsung kepada calon pembeli. Dengan cara itu, suatu produk yang tidak terkenal sebelumnya bisa memiliki pembeli/ pelanggan yang cukup banyak karena bisa dilihat secara langsung dan bisa diketahui mutunya sekaligus. Jadi keterlihatan produk itu sangat penting bagi para wiraswastawan kreatif yang akan meluncurkan  produknya tanpa harus memikirkan budget iklannya terlebih dulu.