Bagi para pengembang atau developer properti
khususnya yang fokus pada pembangunan ruko (rumah toko) lokasi merupakan faktor
kunci yang harus dipertimbangkan. Mengingat lokasi suatu ruko merupakan salah
satu cara untuk menjual keunggulan ruko. Menjual keunggulan ruko selain pada
lokasi ada faktor lainnya yang perlu dipertimbangkan yaitu faktor sosial atau
lingkungan.
Seperti yang nampak dalam brosur diatas, developer
ruko ingin menunjukkan lokasi ruko yang cukup strategis dimana jangkauan atau
akses ruko sangat dekat dengan pusat kota. Itu artinya, ruko tersebut mudah
dijangkau dari pusat pemerintahan atau pusat pendidikan dalam waktu yang
singkat. Dalam menjual keunggulan ruko tersebut dapat dilihat bahwa lokasinya
juga cukup dekat dengan salah satu pondok pesantren terbesar di kota ini. Apalagi
ponpes tersebut di setiap malam Jumat Legi dikunjungi oleh ribuan jamaah yang
hendak melaksanakan aktivitas religiusnya. Tentu saja bagi pembeli ruko yang
ingin membuka usaha hal ini cukup menguntungkan karena dengan semakin nampak
keramaian masyarakat di sekitar lokasi tersebut akan dimungkinkan untuk
mendapatkan atensi dari masyarakat akan lebih besar. Ini merupakan upaya
promosi yang bisa dibilang gratis.
Selain itu, performa ruko yang memiliki area parkir
yang luas juga merupakan keuntungan bagi pemiliknya. Karena umumnya pelanggan
suatu bisnis sangat menyukai area parkir yang luas dengan alasan praktis dan
hemat waktu. Demikian pula dengan adanya sisa tanah yang bisa dikembangkan
untuk berbagai keperluan bisnis merupakan salah satu penambah dalam menjual
keunggulan ruko. Nah, disinilah kreatifitas sang developer dalam menawarkan
produknya. Karena dengan sisa tanah tersebut pemilik ruko dapat melakukan
kreasi dalam membangun kapasitas ruko-nya. Sisi lainnya, dalam brosur tersebut
dijelaskan bahwa posisi ruko menghadap muka semuanya. Ini penting karena
visibilitas suatu usaha atau kantor akan nampak semakin kuat karena masyarakat
dengan mudah melihat ikon-ikon yang terpampang di depan ruko tersebut. Hal tersebut
mungkin kurang dirasakan oleh pemilik ruko jika posisi rukonya berada di dalam
area, seperti formasi ruko yang berbentuk L atau U.
Menjual keunggulan ruko seperti dalam brosur
tersebut merupakan hal penting karena pembeli ruko pasti menghitung keunggulan
tersebut sebagai keuntungan dalam investasinya. Bukan saja karena harga tanah
yang akan semakin naik setiap tahunnya namun sisi nilai merek dari bisnisnya
akan semakin berkembang dalam masyarakat.