Kamis, 01 Mei 2014

Menjual Keunggulan Ruko


Bagi para pengembang atau developer properti khususnya yang fokus pada pembangunan ruko (rumah toko) lokasi merupakan faktor kunci yang harus dipertimbangkan. Mengingat lokasi suatu ruko merupakan salah satu cara untuk menjual keunggulan ruko. Menjual keunggulan ruko selain pada lokasi ada faktor lainnya yang perlu dipertimbangkan yaitu faktor sosial atau lingkungan.

Seperti yang nampak dalam brosur diatas, developer ruko ingin menunjukkan lokasi ruko yang cukup strategis dimana jangkauan atau akses ruko sangat dekat dengan pusat kota. Itu artinya, ruko tersebut mudah dijangkau dari pusat pemerintahan atau pusat pendidikan dalam waktu yang singkat. Dalam menjual keunggulan ruko tersebut dapat dilihat bahwa lokasinya juga cukup dekat dengan salah satu pondok pesantren terbesar di kota ini. Apalagi ponpes tersebut di setiap malam Jumat Legi dikunjungi oleh ribuan jamaah yang hendak melaksanakan aktivitas religiusnya. Tentu saja bagi pembeli ruko yang ingin membuka usaha hal ini cukup menguntungkan karena dengan semakin nampak keramaian masyarakat di sekitar lokasi tersebut akan dimungkinkan untuk mendapatkan atensi dari masyarakat akan lebih besar. Ini merupakan upaya promosi yang bisa dibilang gratis.

Selain itu, performa ruko yang memiliki area parkir yang luas juga merupakan keuntungan bagi pemiliknya. Karena umumnya pelanggan suatu bisnis sangat menyukai area parkir yang luas dengan alasan praktis dan hemat waktu. Demikian pula dengan adanya sisa tanah yang bisa dikembangkan untuk berbagai keperluan bisnis merupakan salah satu penambah dalam menjual keunggulan ruko. Nah, disinilah kreatifitas sang developer dalam menawarkan produknya. Karena dengan sisa tanah tersebut pemilik ruko dapat melakukan kreasi dalam membangun kapasitas ruko-nya. Sisi lainnya, dalam brosur tersebut dijelaskan bahwa posisi ruko menghadap muka semuanya. Ini penting karena visibilitas suatu usaha atau kantor akan nampak semakin kuat karena masyarakat dengan mudah melihat ikon-ikon yang terpampang di depan ruko tersebut. Hal tersebut mungkin kurang dirasakan oleh pemilik ruko jika posisi rukonya berada di dalam area, seperti formasi ruko yang berbentuk L atau U.

Menjual keunggulan ruko seperti dalam brosur tersebut merupakan hal penting karena pembeli ruko pasti menghitung keunggulan tersebut sebagai keuntungan dalam investasinya. Bukan saja karena harga tanah yang akan semakin naik setiap tahunnya namun sisi nilai merek dari bisnisnya akan semakin berkembang dalam masyarakat.