Rabu, 19 Maret 2014

Teknik Menjual Produk



Persaingan bisnis retail memang sungguh ketat di era millenium ini. Munculnya berbagai produk yang bersaing satu sama lain untuk memperebutkan pelanggan yang memiliki beragam kebutuhan berbeda  menuntut setiap lini penjualan untuk mengasah kemampuan teknik menjual produk yang baik dengan didukung sistem komunikasi yang efektif.
Teknik menjual produk yang efektif tentu saja menjual sisi-sisi keunggulan atau kelebihan produk atau keunggulan perusahaan terhadap kompetitor yang semakin mudah untuk menduplikasi desain, teknologi maupun strategi penjualan produk. Teknik penjualan keunggulan produk dapat dikategorikan menjadi 3 (tiga) yaitu; keunggulan standar, keunggulan perusahaan, dan keunggulan perbedaan. Setiap produk tentu memiliki ciri khas yang menggambarkan apa yang dibutuhkan pelanggan. Ciri khas tersebut dapat menjadi keunggulan standar dari produk yang akan dijual kepada pembeli. Keunggulan perusahaan bisa diartikan perusahaan tersebut memiliki sistem distribusi yang efektif, memiliki merek yang mudah terasosiasi oleh pembeli, atau memiliki sistem keuangan yang kokoh, dll. Sementara itu, keunggulan perbedaan lebih mengarah kepada perbedaan kualitas produk maupun mutu pelayanan perusahaan kepada pembeli terhadap kompetitor.
Sebagai ilustrasi dari teknik menjual produk diatas dapat dicontohkan pada produk pelumas sepeda motor. Misal, pelumas merek abc memiliki spesifikasi teknis 20w-50 dengan kemasan yang eye catching dan ditunjang dengan aditif bermutu internasional dapat digambarkan sebagai keunggulan standar. Dengan keunggulan tersebut pelumas ini mampu membuat mesin lebih awet dan tidak mudah panas. Selain itu, pelumas ini diklaim mampu menjelajah dalam 10.000 km. Tentu saja dengan keunggulan tersebut pembeli dapat menghemat biaya pergantian pelumas dan perawatan mesin yang tidak dapat ditemukan pada pelumas kompetitor lainnya. Ternyata untuk menarik minat pembeli, perusahaan pelumas juga telah menyediakan hadiah khusus bagi pembeli yang melakukan pergantian oli secara rutin. Hal tersebut dikuatkan dengan bukti bahwa perusahaan tersebut memiliki pabrik pengolahan base oil dan blending sehingga pembeli diyakinkan bahwa produk yang dihasilkan memiliki mutu yang lebih unggul dibandingkan produk kompetitor lainnya. Untuk melayani kebutuhan pelanggan maka distribusi pelumas tersebut dilakukan secara merata ke semua area yang potensial.
Ilustrasi dari teknik menjual produk tersebut masih harus ditopang dengan keunggulan komunikasi dengan menekankan pada kesederhanaan pemakaian bahasa dan lebih empati kepada pelanggan atau pembeli maupun kepada pengecer yaitu penjual di tingkat paling bawah.