Dunia bisnis menuntut kerja kreatif untuk menghasilkan omset yang fantastis
dimana keberadaan seorang pemasar kreatif tentu saja sangat dibutuhkan saat
ini. Pemasar kreatif adalah pemasar yang mampu menjadikan sumber daya yang
tadinya terbatas menjadi tidak terbatas sifatnya. Kemampuan tersebut
membutuhkan berbagai pendekatan yang efektif. Apa saja itu ?
Pendekatan yang direkomendasikan oleh Michael Michalko dalam menumbuhkembangkan pemasar
kreatif meliputi 8 pendekatan yang bisa digunakan beberapa atau semuanya secara
simultan. Pendekatan tersebut antara lain;
a. Be Distinctive
Selalu mengamati
dan mencermati setiap persoalan dengan berbagai sudut pandang yang berbeda.
Kemampuan ini diharapkan dapat menemukan suatu perspektif baru yang mungkin
saja belum pernah dijelajahi oleh siapapun juga. Dengan menyusun ulang setiap
persoalan atau masalah dengan cara-cara yang berbeda dapat saja menemukan
pengetahuan baru.
b. Be Imaginative
Mampu membayangkan
berbagai solusi. Mungkin saja bayangan tersebut dapat tercermin dari aktivitas
coret-mencoret diagram masalah untuk menemukan solusi yang efektif.
c. Be Productive
Pemasar kreatif
selalu mengutamakan produktivitas kerja. Berani melakukan berbagai uji coba
yang sifatnya trial and error demi memetik hasil yang diharapkan kelak serta
tidak pernah mundur dari kesalahan-kesalahan yang dilewatinya dalam suatu
proses.
d. Be Combinative
Selalu membuat
perpaduan yang baru, melakukan kombinasi dan kombinasi ulang entah itu ide,
gagasan atau pemikiran-pemikiran meskipun kelak akan terlihat aneh atau tidak
wajar dalam kaca mata bisnis. Seperti penemuan ilmu Genetika yang merupakan
perpaduan antara ilmu Matematika dan Biologi.
e. Be Connective
Mampu membangun
relasi-relasi sekalipun antara persoalan-persoalan yang muncul selalu nampak
perbedaan yang yang jelas.
f. Be Contrary
Adalah kemampuan
menyimpan dua gagasan sekaligus yang berlawanan dalam pikiran namun
kedua-duanya berfungsi. Seperti teori partikel dan teori gelombang yang
menimbulkan pengetahuan baru.
g. Be Metaphoric
Mampu menghubungkan
dua hal yang berbeda menjadi satu persamaan.
h. Be Proactive
Mampu menganalisis
proses dan terus berproses sehingga tidak terpaku pada satu hal saja.
Ke delapan pendekatan ini bisa menjadi tool untuk menjadi pemasar kreatif
sehingga menciptakan omset yang luar biasa bagi bisnis sendiri atau perusahaan
dimana tempat bekerja.