Senin, 17 Maret 2014

Cara Menjadi Pemasar Kreatif



Dunia bisnis menuntut kerja kreatif untuk menghasilkan omset yang fantastis dimana keberadaan seorang pemasar kreatif tentu saja sangat dibutuhkan saat ini. Pemasar kreatif adalah pemasar yang mampu menjadikan sumber daya yang tadinya terbatas menjadi tidak terbatas sifatnya. Kemampuan tersebut membutuhkan berbagai pendekatan yang efektif. Apa saja itu ?
Pendekatan yang direkomendasikan oleh Michael  Michalko dalam menumbuhkembangkan pemasar kreatif meliputi 8 pendekatan yang bisa digunakan beberapa atau semuanya secara simultan. Pendekatan tersebut antara lain;
a.    Be Distinctive
Selalu mengamati dan mencermati setiap persoalan dengan berbagai sudut pandang yang berbeda. Kemampuan ini diharapkan dapat menemukan suatu perspektif baru yang mungkin saja belum pernah dijelajahi oleh siapapun juga. Dengan menyusun ulang setiap persoalan atau masalah dengan cara-cara yang berbeda dapat saja menemukan pengetahuan baru.
b.    Be Imaginative
Mampu membayangkan berbagai solusi. Mungkin saja bayangan tersebut dapat tercermin dari aktivitas coret-mencoret diagram masalah untuk menemukan solusi yang efektif.
c.    Be Productive
Pemasar kreatif selalu mengutamakan produktivitas kerja. Berani melakukan berbagai uji coba yang sifatnya trial and error demi memetik hasil yang diharapkan kelak serta tidak pernah mundur dari kesalahan-kesalahan yang dilewatinya dalam suatu proses.
d.    Be Combinative
Selalu membuat perpaduan yang baru, melakukan kombinasi dan kombinasi ulang entah itu ide, gagasan atau pemikiran-pemikiran meskipun kelak akan terlihat aneh atau tidak wajar dalam kaca mata bisnis. Seperti penemuan ilmu Genetika yang merupakan perpaduan antara ilmu Matematika dan Biologi.
e.    Be Connective
Mampu membangun relasi-relasi sekalipun antara persoalan-persoalan yang muncul selalu nampak perbedaan yang yang jelas.
f.     Be Contrary
Adalah kemampuan menyimpan dua gagasan sekaligus yang berlawanan dalam pikiran namun kedua-duanya berfungsi. Seperti teori partikel dan teori gelombang yang menimbulkan pengetahuan baru.
g.    Be Metaphoric
Mampu menghubungkan dua hal yang berbeda menjadi satu persamaan.
h.    Be Proactive
Mampu menganalisis proses dan terus berproses sehingga tidak terpaku pada satu hal saja.
Ke delapan pendekatan ini bisa menjadi tool untuk menjadi pemasar kreatif sehingga menciptakan omset yang luar biasa bagi bisnis sendiri atau perusahaan dimana tempat bekerja.