Minggu, 02 Maret 2014

Inilah Konsultan Waralaba Profesional



Konsultan Waralaba Profesional adalah kantor konsultan yang berbadan hukum yang melayani pengusaha yang akan mewaralabakan usahannya dan memilihkan waralaba bagi calon pemodal yang berminat menekuni bisnis franchise dengan memungut imbalan tertentu dalam aktivitas konsultasi dan telah beroperasi lebih dari lima tahun dengan tingkat kesuksesan klien mencapai 95 % serta memiliki tim yang handal dengan keahlian tertentu meliputi; pemasaran, keuangan, hukum, dan pelatihan SDM
Dalam melayani kliennya terbagi dalam dua bidang yaitu bidang pewaralaba dan bidang terwaralaba. Untuk pelayanan bagi pewaralaba meliputi; jasa persiapan sistem waralaba, menyusun SOP, menghitung besarnya biaya waralaba dan royalty fee, menyusun materi dan sistem pelatihan, menyusun isi perjanjian waralaba dan terlibat aktif memasarkan waralaba kliennya. Sedangkan untuk bidang terwaralaba, konsultan waralaba yang profesional akan memberikan layanan dalam bentuk; memilihkan waralaba yang sesuai dengan minat, karakter, dan kemampuan keuangan terwaralaba, melakukan analisa kelayakan bisnis, menilai kelayakan lokasi usaha terwaralaba bahkan sampai memediasi sengketa waralaba.
Penggunaan konsultan, dalam hal ini adalah untuk terwaralaba agar semakin mantap dalam menjalankan bisnisnya serta mencegah terjadinya resiko kerugian yang diperkirakan akan muncul. Sebagaimana dengan fakta pada tahun 2007 terdapat 21 % waralaba yang bangkrut akibat beberapa kesalahan yang seharusnya tidak perlu terjadi. Karenanya, keberadaan konsultan dengan tarif yang bisa mencapai 10 juta-an ini diharapkan dapat meminimalisasikan resiko usaha.
Salah satu kantor konsultan waralaba yang profesional dan telah lama berkecimpung dalam dunia waralaba adalah Sarosa Consulting. Berdiri sejak 2004 yang lalu, kantor ini berusaha menciptakan kelahiran wirausaha-wirausaha baru yang berdaya saing tinggi. Dengan paduan aspek motivasi dan teknis serta menyerasikan teori dan praktikal di lapangan membuat kantor konsultan ini layak untuk dijadikan kawan dalam berbisnis waralaba. Salah satu kliennya adalah Panasonic Gobel Indonesia membuktikan Sarosa Consulting sebagai brandname yang cukup representative di mata pengusaha
Selama ini, waralaba makanan dan minuman masih mendominasi para calon terwaralaba di Indonesia, sedangkan bisnis otomotif yang diwaralabakan masih kurang peminatnya padahal aspek pertumbuhan otomotif di negeri ini cukup baik.