Konsultan Waralaba Profesional adalah kantor konsultan yang berbadan hukum
yang melayani pengusaha yang akan mewaralabakan usahannya dan memilihkan
waralaba bagi calon pemodal yang berminat menekuni bisnis franchise dengan
memungut imbalan tertentu dalam aktivitas konsultasi dan telah beroperasi lebih
dari lima tahun dengan tingkat kesuksesan klien mencapai 95 % serta memiliki
tim yang handal dengan keahlian tertentu meliputi; pemasaran, keuangan, hukum,
dan pelatihan SDM
Dalam melayani kliennya terbagi dalam dua bidang yaitu bidang pewaralaba
dan bidang terwaralaba. Untuk pelayanan bagi pewaralaba meliputi; jasa
persiapan sistem waralaba, menyusun SOP, menghitung besarnya biaya waralaba dan
royalty fee, menyusun materi dan sistem pelatihan, menyusun isi perjanjian
waralaba dan terlibat aktif memasarkan waralaba kliennya. Sedangkan untuk
bidang terwaralaba, konsultan waralaba yang profesional akan memberikan layanan
dalam bentuk; memilihkan waralaba yang sesuai dengan minat, karakter, dan
kemampuan keuangan terwaralaba, melakukan analisa kelayakan bisnis, menilai
kelayakan lokasi usaha terwaralaba bahkan sampai memediasi sengketa waralaba.
Penggunaan konsultan, dalam hal ini adalah untuk terwaralaba agar semakin
mantap dalam menjalankan bisnisnya serta mencegah terjadinya resiko kerugian
yang diperkirakan akan muncul. Sebagaimana dengan fakta pada tahun 2007
terdapat 21 % waralaba yang bangkrut akibat beberapa kesalahan yang seharusnya
tidak perlu terjadi. Karenanya, keberadaan konsultan dengan tarif yang bisa
mencapai 10 juta-an ini diharapkan dapat meminimalisasikan resiko usaha.
Salah satu kantor konsultan waralaba yang profesional dan telah lama
berkecimpung dalam dunia waralaba adalah Sarosa Consulting. Berdiri sejak 2004
yang lalu, kantor ini berusaha menciptakan kelahiran wirausaha-wirausaha baru
yang berdaya saing tinggi. Dengan paduan aspek motivasi dan teknis serta
menyerasikan teori dan praktikal di lapangan membuat kantor konsultan ini layak
untuk dijadikan kawan dalam berbisnis waralaba. Salah satu kliennya adalah
Panasonic Gobel Indonesia membuktikan Sarosa Consulting sebagai brandname yang
cukup representative di mata pengusaha
Selama ini, waralaba makanan dan minuman masih mendominasi para calon
terwaralaba di Indonesia, sedangkan bisnis otomotif yang diwaralabakan masih
kurang peminatnya padahal aspek pertumbuhan otomotif di negeri ini cukup baik.