Kamis, 20 Februari 2014

Apa Itu Merek Global Legendaris?



Merek Global Legendaris merupakan merek yang dimiliki oleh perusahaan yang telah memenuhi beberapa referensi kategori manajemen branding secara khusus antara lain;
1.    Sebagai Inventor
Perusahaan yang mengembangkan paten atau teknologi penting dalam sebuah kategori produk baru
2.    Menjadi Pionir Produk
Perusahaan pertama yang membuat working model atau sampel dalam sebuah kategori produk baru
3.    Menjadi Pionir Pasar
Perusahaan pertama yang menjual sebuah kategori produk baru
4.    Menjadi Pemimpin Pasar
Kepemimpinan pasar salah satunya ditentukan oleh aspek Asset Leverage yaitu kemampuan memanfaatkan dan memperluas keunggulan yang sudah ada, misalnya reputasi perusahaan, citra nama merek, jaringan distribusi, kapabilitas produk, keahlian manajerial dan kekuatan finansial
5.    Memiliki Segmen Konsumen Global
Dalam hal ini Global Dreamers yaitu kelompok konsumen yang sangat mengagumi perusahaan transnasional. Mereka menganggap merek global legendaris merupakan cerminan produk berkualitas dan sangat bersedia membelinya
6.    Menjadi Ikon
Merek menjadi ikon dihasilkan dari persistensi dan konsistensi para owner dan manajer merek dalam mengkomunikasikan dan menyampaikan nilai-nilai yang sama selama periode waktu yang sangat lama. Secara berkesinambungan mencari asosiasi-asosiasi yang memperkokoh status ikoniknya
7.    Telah beroperasi lebih dari 75 tahun
Salah satu contoh merek global legendaris yaitu Coca-Cola Company. Perusahaan ini mulai berkomunikasi dengan konsumen sejak tahun 1886 dimana minuman kola masih asing kedengarannya bagi warga Amerika Serikat. Adalah Pemberton,seorang ahli kimia, yang pertama kali memformulasikan minuman kola dengan berbasiskan dua bahan baku utama yaitu daun Coca dari Amerika Selatan dan biji Cola dari Afrika Barat. Dengan susah payah sang inventor berusaha memasarkan produk buatannya namun masih belum bisa diterima publik secara luas. Akhirnya, Asa  Candler mengambilalihnya pada tahun 1888. Dan pada tahun 1892, Asa Candler mendirikan Coca-Cola Company serta mematenkan merek dagangnya pada tahun 1893.
Dalam perjalanannya yang menapaki usia ke-128 tahun ini, Coca-Cola masih mampu mempertahankan mereknya secara global. Kemampuan ini bisa dibaca dari data value merek mereka versi Interbrand sejak tahun 2000 s/d 2012 dibawah ini;
Year
Rank
Value ($m)
2000
1
72,537
2001
1
68,945
2002
1
69,637
2003
1
70,453
2004
1
67,394
2005
1
67,525
2006
1
67,000
2007
1
65,324
2008
1
66,667
2009
1
68,734
2010
1
70,452
2011
1
71,861
2012
1
77,839

Prestasi sebagai merek global legendari telah dibuktikan sejak tahun 2000 s/d 2012 selalu menduduki rangking 1 dengan value merek yang semakin bertumbuh. Meskipun pada tahun 2008 dunia sedang didera krisis keuangan global, perusahaan ini masih mampu menunjukkan kemampuannya sebagai pionir produk yang sukses sekaligus mempertahankan diri sebagai pemimpin pasar yang kokoh.