Merek Global Legendaris merupakan merek yang dimiliki oleh perusahaan yang telah
memenuhi beberapa referensi kategori manajemen branding secara khusus antara
lain;
1. Sebagai Inventor
Perusahaan yang mengembangkan paten atau teknologi
penting dalam sebuah kategori produk baru
2. Menjadi Pionir Produk
Perusahaan pertama yang membuat working model atau sampel
dalam sebuah kategori produk baru
3. Menjadi Pionir Pasar
Perusahaan pertama yang menjual sebuah kategori produk
baru
4. Menjadi Pemimpin Pasar
Kepemimpinan pasar salah satunya ditentukan oleh aspek
Asset Leverage yaitu kemampuan memanfaatkan dan memperluas keunggulan yang
sudah ada, misalnya reputasi perusahaan, citra nama merek, jaringan distribusi,
kapabilitas produk, keahlian manajerial dan kekuatan finansial
5. Memiliki Segmen Konsumen Global
Dalam hal ini Global Dreamers yaitu kelompok konsumen
yang sangat mengagumi perusahaan transnasional. Mereka menganggap merek global
legendaris merupakan cerminan produk berkualitas dan sangat bersedia membelinya
6. Menjadi Ikon
Merek menjadi ikon dihasilkan dari persistensi dan
konsistensi para owner dan manajer merek dalam mengkomunikasikan dan
menyampaikan nilai-nilai yang sama selama periode waktu yang sangat lama.
Secara berkesinambungan mencari asosiasi-asosiasi yang memperkokoh status
ikoniknya
7. Telah beroperasi lebih dari 75 tahun
Salah satu contoh merek global legendaris yaitu Coca-Cola Company.
Perusahaan ini mulai berkomunikasi dengan konsumen sejak tahun 1886 dimana
minuman kola masih asing kedengarannya bagi warga Amerika Serikat. Adalah
Pemberton,seorang ahli kimia, yang pertama kali memformulasikan minuman kola
dengan berbasiskan dua bahan baku utama yaitu daun Coca dari Amerika Selatan
dan biji Cola dari Afrika Barat. Dengan susah payah sang inventor berusaha memasarkan
produk buatannya namun masih belum bisa diterima publik secara luas. Akhirnya,
Asa Candler mengambilalihnya pada tahun
1888. Dan pada tahun 1892, Asa Candler mendirikan Coca-Cola Company serta
mematenkan merek dagangnya pada tahun 1893.
Dalam perjalanannya yang menapaki usia ke-128 tahun ini, Coca-Cola masih
mampu mempertahankan mereknya secara global. Kemampuan ini bisa dibaca dari
data value merek mereka versi Interbrand sejak tahun 2000 s/d 2012 dibawah ini;
Year
|
Rank
|
Value ($m)
|
2000
|
1
|
72,537
|
2001
|
1
|
68,945
|
2002
|
1
|
69,637
|
2003
|
1
|
70,453
|
2004
|
1
|
67,394
|
2005
|
1
|
67,525
|
2006
|
1
|
67,000
|
2007
|
1
|
65,324
|
2008
|
1
|
66,667
|
2009
|
1
|
68,734
|
2010
|
1
|
70,452
|
2011
|
1
|
71,861
|
2012
|
1
|
77,839
|
Prestasi sebagai merek global legendari telah dibuktikan sejak tahun 2000
s/d 2012 selalu menduduki rangking 1 dengan value merek yang semakin bertumbuh.
Meskipun pada tahun 2008 dunia sedang didera krisis keuangan global, perusahaan
ini masih mampu menunjukkan kemampuannya sebagai pionir produk yang sukses
sekaligus mempertahankan diri sebagai pemimpin pasar yang kokoh.