Rabu, 20 Mei 2015

Mengontrol Kalori Tubuh



Pernah terbayang tidak, berapa kira-kira jumlah kalori yang kita konsumsi setiap harinya? Makanan, minuman, bahkan camilan yang kita konsumsi tentu mengandung kalori yang bila kita tak waspada justru bisa menimbulkan efek serius bagi kesehatan tubuh. Efek ini bisa terjadi jika timbunan kalori melampaui ambang batas kecukupan bagi tubuh setiap harinya. Sumber kalori yang sering kita sering lengah adalah gula. Ya, kita setiap harinya bisa mengkonsumsi 200 gram gula tanpa disadari. Mungkin itu bisa berasal dari semua minuman atau makanan yang kita konsumsi. Mengontrol kalori tubuh merupakan suatu pekerjaan yang terasa sulit karena beragam alasan tentu saja. Dan akibat beragam aktivitas beserta bebannya yang kita lakukan setiap hari telah menyulitkan kita untuk mengetahui secara pas berapa sebenarnya kebutuhan kalori yang ideal bagi tubuh. Namun hal ini masih bisa kita atasi dengan melihat parameter kebutuhan kalori yang dirilis oleh lembaga kredibel. Sebut saja, National Research Council pada tahun 1973 yang lampau telah memberikan patokan kebutuhan kalori harian bagi tubuh berdasarkan jenis kelamin dan rentang usia. Riset ini membuktikan bahwa kebutuhan kalori bagi pria dan wanita tidak sama bahkan kebutuhan kalori setiap rentang usia pun berbeza.
Untuk pria berusia 19-22 tahun butuh kalori harian sebesar 3000 sedangkan di usia yang sama untuk kaum hawa butuh kalori sebesar 2100. Usia 23-50 tahun beza lagi. Di usia ini, kaum pria justru butuh kalori sebesar 2700 dan untuk wanita hanya 2000 saja. Tapi di usia diatas 50 tahun ada kecenderungan turun. Bagi pria di usia tersebut butuh 2400 kalori sedangkan wanita batas idealnya di level 1800 kalori per harinya loh. Inilah awal untuk mengontrol kalori tubuh. Dengan mengetahui batas idealnya diharapkan kita bisa menghitung apakah kalori yang kita konsumsi sudah melampaui ambang batas ideal tersebut. Nah, solusi untuk membongkar kalori yang berlebih di tubuh ya sport alias olahraga. Aktivitas olah raga yang rutin justru bisa mengurangi kalori sehingga terhindar dari penumpukan kalori yang tak berguna dimana hal tersebut bisa menimbulkan timbunan lemak.
Bagi pelaku bisnis yang setiap harinya fokus dan sibuk, aktivitas sport yang rutin merupakan langkah baik menuju sehat. Selain itu, perlu menghindari makanan dan minuman yang berkalori tinggi yang  rendah nilai gizi-nya. Karena ada istilah kalori kosong dimana yang dimaksud adalah makanan dan minuman yang hampir tidak ada nilai gizinya atau hilang vitaminnya tapi justru pemicu penimbunan lemak tubuh kerana jumlah kalori yang terkandung justru lebih banyak. Sesibuk apapun kegiatan Anda, sempatkan diri untuk menjalani olahraga. Pilihannya begitu banyak, tergantung sport apa yang asyik dan enjoy bagi diri Anda.
Kalau mau yang murah meriah, jalan kaki merupakan kegiatan olahraga santai yang bisa membakar kalori sebesar 270 per jamnya. Jika hobi cycling atau bersepeda ria keliling kota tentu cukup bagus untuk membakar kalori yang per jamnya bisa mencapai 250-450. Berenang merupakan aktivitas olahraga yang baik karena semua anggota tubuh bisa turut bergerak dan bagusnya renang bisa membakar kalori sebesar 300-650. Coba kalau kita seusai berenang tentu perut terasa lapar, bukan. Ini pertanda pembakaran kalori berjalan dengan baik. Atau ada yang suka golf? Sport kaum executive metropolis yang satu ini cukup bagus untuk membakar kalori sebesar 300 per jamnya. Apapun itu sport-nya terserah Anda karena yang terpenting dengan mengontrol kalori tubuh maka kesehatan lebih terpelihara. Tentu saja dengan kebugaran yang kita miliki bisa berdampak positif bagi produktivitas dan prestasi kerja.