Kali
ini Trafiklink menurunkan tulisan singkat tentang pedoman menyusun segmentasi
pasar. Menyusun segmentasi pasar terkadang juga tidak mudah karena itu
dibutuhkan beberapa dasar atau pedoman untuk menetapkan segmen pasar yang kita
tuju.
Sebelumnya,
perlu kita ketahui terlebih dulu apa itu segmentasi pasar itu? Segmentasi pasar
adalah suatu kegiatan membagi-bagi pasar yang bersifat heterogen dari suatu
produk/ jasa ke dalam satuan-satuan pasar yang bersifat homogen.
Homogenitas
segmen pasar bias disebabkan oleh adanya perbedaan-perbedaan dalam kebiasaan
membeli, cara penggunaan barang, kebutuhan pemakai, motif pembelian, tujuan
pembelian, dan sebagainya.
Apa
saja kriteria segmentasi pasar itu?. Kriterianya adalah sebagai berikut;
1. Faktor Demografis
Seperti umur, jenis kelamin, suku,
kepadatan penduduk, agama, jenis pekerjaan, pendidikan, dll.
2. Faktor Geografis
Desa atau kota, musim kemarau atau
musim hujan, kabupaten, propinsi atau Negara, dll.
3. Faktor Penghasilan per kapita di suatu
daerah
4. Faktor Sosiologis
Kelas sosial, kelompok budaya, dll
5. Faktor Psikologis
Seperti sikap, kepribadian, gaya
hidup, dll.
6. Faktor Sales dan Pangsa Pasar
·
Menurutnya
besarnya penjualan dalam unit/ Rp per daerah
·
Menurut
besarnya pangsa pasar atau competitor
·
Menurut
banyaknya repurchase atau terjadinya musim pembelian yang besar
Lantas,
syarat-syarat apa saja yang efektif untuk menyusun segmentasi pasar, berikut
jawabannya;
1. Segmen pasar tersebut menarik atau
atraktif
2. Bersifat measurability
Seperti sejauhmana sifat/karakteristik
konsumen dapat diukur
3. Accessibility
Perusahaan dapat memusatkan segala
sumber daya yang dimiliki pada segmen yang telah dipilihnya. Segmen pasar
tersebut sangat mudah untuk dijangkau
4. Substantially
Segmen tersebut cukup luas dan sangat
menguntungkan untuk dilakukan berbagai upaya pemasaran yang sistematis.
Pedoman
menyusun segmentasi pasar ini membutuhkan kejelian dan insting bisnis yang
cukup kuat sehingga segmen pasar yang dipilih perusahaan bisa mendatangkan
keuntungan dan manfaat yang cukup besar bagi perusahaan. Penentuan segmen pasar
ini merupakan bagian dari strategi STP (Segmentation, Targeting, and
Positioning).