Senin, 18 Agustus 2014

Prestasi Amazon



Anda pasti bertanya-tanya apa yang dimaksud dengan brand equity atau ekuitas merek ?. Definisi brand equity adalah serangkaian asset dan kewajiban merek yang terkait dengan sebuah merek, nama, dan simbolnya yang menambah atau mengurangi nilai yang akan diberikan sebuah produk atau jasa kepada perusahaan dan atau pelanggan perusahaan tersebut. Saat ini ekuitas merek menjadi elemen yang strategis bagi perusahaan-perusahaan terutama yang bersifat multinasional. Namun kali ini Trafiklink ingin sekedar berbagi info tentang prestasi Amazon dalam menumbuhkan usahanya yang tercermin dalam data nilai merek yang dilansir oleh Interbrand dari tahun 2001 sampai 2013.
Situs daring atau toko online asal USA ini tentu sudah tidak asing bagi telinga netter, ya Amazon. Siapa yang tidak kenal dengan situs  yang didirikan oleh Jefrey P Bezos ini. Situs yang pada awalnya hanya memajang ribuan judul buku untuk dijual kepada masyarakat ini sudah merambah pada beberapa kategori produk yang cukup lengkap. Bisnisnya sudah berjalan lebih dari 20 tahun. Namun, kita akan dibuat tercengang oleh prestasi Amazon jika melihat data pertumbuhan bisnisnya hanya dengan membaca data nilai mereknya yang terukur sejak 2001 sampai 2013 dibawah ini dalam satuan $m;

  • ·         Tahun 2001 nilai merek 3,130

  • ·         Tahun 2002 nilai merek 3,175

  • ·         Tahun 2003 nilai merek 3,403

  • ·         Tahun 2004 nilai merek 4,156

  • ·         Tahun 2005 nilai merek 4,248

  • ·         Tahun 2006 nilai merek 4,707

  • ·         Tahun 2007 nilai merek 5,411

  • ·         Tahun 2008 nilai merek 6,434

  • ·         Tahun 2009 nilai merek 7,858

  • ·         Tahun 2010 nilai merek 9,665

  • ·         Tahun 2011 nilai merek 12,758

  • ·         Tahun 2012 nilai merek 18,625

  • ·         Tahun 2013 nilai merek 23,620

Pertumbuhan tersebut tentu saja ditopang oleh penambahan kategori produk yang diperdagangkan di situs ini. Kalau pada awal berdiri, bisnisnya didominasi dengan penjualan buku saja maka pada tahun 2012 justru didominasi oleh penjualan elektronika dan computer meski volume penjualan buku masih menduduki peringkat ke dua. Hal ini dapat dilihat secara rinci prosentase penjualan yang terjadi pada tahun 2012 dari sumber data edatasource dibawah ini;

  • ·         Apparel, shoes, and jewelry             8,4 %

  • ·         Automotive                                         0,8 %

  • ·         Books                                                 14,6 %

  • ·         Electronics and computer                41,7 %

  • ·         Grocery, health and beauty                9,0 %

  • ·         Home, garden and tools                    9,0 %

  • ·         Movies, music and game                  5,9 %

  • ·         Office products                                    3,1 %

  • ·         Sports                                                   4,0 %

  • ·         Toys, kid and baby                               3,6 %

Prestasi Amazon yang ditopang dengan diversifikasi produk ini membuat para pelanggannya semakin nyaman dalam memuaskan kebutuhan belanjanya. Dengan melihat angka-angka tersebut diharapkan dapat menjadi motivasi bagi pemilik toko online dalam negeri untuk terus berinovasi dan mengembangkan marketnya agar mampu memenuhi kebutuhan para konsumen dalam negeri. Namun, market luar negeri juga turut diperluas agar merek perusahaan semakin popular.