Anda pasti bertanya-tanya
apa yang dimaksud dengan brand equity atau ekuitas merek ?. Definisi brand
equity adalah serangkaian asset dan kewajiban merek yang terkait dengan sebuah
merek, nama, dan simbolnya yang menambah atau mengurangi nilai yang akan diberikan
sebuah produk atau jasa kepada perusahaan dan atau pelanggan perusahaan
tersebut. Saat ini ekuitas merek menjadi elemen yang strategis bagi
perusahaan-perusahaan terutama yang bersifat multinasional. Namun kali ini
Trafiklink ingin sekedar berbagi info tentang prestasi Amazon dalam menumbuhkan
usahanya yang tercermin dalam data nilai merek yang dilansir oleh Interbrand
dari tahun 2001 sampai 2013.
Situs daring atau toko
online asal USA ini tentu sudah tidak asing bagi telinga netter, ya Amazon.
Siapa yang tidak kenal dengan situs yang
didirikan oleh Jefrey P Bezos ini. Situs yang pada awalnya hanya memajang
ribuan judul buku untuk dijual kepada masyarakat ini sudah merambah pada
beberapa kategori produk yang cukup lengkap. Bisnisnya sudah berjalan lebih
dari 20 tahun. Namun, kita akan dibuat tercengang oleh prestasi Amazon jika
melihat data pertumbuhan bisnisnya hanya dengan membaca data nilai mereknya
yang terukur sejak 2001 sampai 2013 dibawah ini dalam satuan $m;
- · Tahun 2001 nilai merek 3,130
- · Tahun 2002 nilai merek 3,175
- · Tahun 2003 nilai merek 3,403
- · Tahun 2004 nilai merek 4,156
- · Tahun 2005 nilai merek 4,248
- · Tahun 2006 nilai merek 4,707
- · Tahun 2007 nilai merek 5,411
- · Tahun 2008 nilai merek 6,434
- · Tahun 2009 nilai merek 7,858
- · Tahun 2010 nilai merek 9,665
- · Tahun 2011 nilai merek 12,758
- · Tahun 2012 nilai merek 18,625
- · Tahun 2013 nilai merek 23,620
Pertumbuhan tersebut tentu
saja ditopang oleh penambahan kategori produk yang diperdagangkan di situs ini.
Kalau pada awal berdiri, bisnisnya didominasi dengan penjualan buku saja maka
pada tahun 2012 justru didominasi oleh penjualan elektronika dan computer meski
volume penjualan buku masih menduduki peringkat ke dua. Hal ini dapat dilihat
secara rinci prosentase penjualan yang terjadi pada tahun 2012 dari sumber data
edatasource dibawah ini;
- · Apparel, shoes, and jewelry 8,4 %
- · Automotive 0,8 %
- · Books 14,6 %
- · Electronics and computer 41,7 %
- · Grocery, health and beauty 9,0 %
- · Home, garden and tools 9,0 %
- · Movies, music and game 5,9 %
- · Office products 3,1 %
- · Sports 4,0 %
- · Toys, kid and baby 3,6 %
Prestasi Amazon yang
ditopang dengan diversifikasi produk ini membuat para pelanggannya semakin
nyaman dalam memuaskan kebutuhan belanjanya. Dengan melihat angka-angka
tersebut diharapkan dapat menjadi motivasi bagi pemilik toko online dalam
negeri untuk terus berinovasi dan mengembangkan marketnya agar mampu memenuhi
kebutuhan para konsumen dalam negeri. Namun, market luar negeri juga turut
diperluas agar merek perusahaan semakin popular.