Pada umumnya produk yang
dianggap sukses di pasar adalah produk yang mampu menjalani dan melalui empat
tahap siklus kehidupan produk yang terdiri dari tahap perkenalan, tahap
pertumbuhan, tahap kedewasaan, dan tahap kemunduran. Panjang pendeknya usia
siklus ini sangat bergantung pada dua faktor yaitu tingkat penerimaan konsumen
dan jumlah pesaing baru. Tentu saja setiap perusahaan akan selalu berusaha
memperpanjang usia siklus kehidupan produknya agar investasi yang telah
ditanamkannya tetap menguntungkan dan terus mengalir profitnya.
Adapun ke-4 tahap siklus
kehidupan produk diatas ditandai oleh beberapa ciri atau kondisi sebagai
berikut;
a. Tahap
Perkenalan
Pada tahap ini penjualan produk masih
mengalami perlambatan yang bisa jadi disebabkan oleh beberapa faktor antara
lain; kelambatan dalam perluasan produksi, munculnya masalah teknis, kelambatan
dalam penyediaan produk, dan masih enggannya konsumen untuk mengubah pola
konsumsinya yang lama.
Dalam tahap ini yang terpenting untuk
dihitung adalah berapa jumlah pembeli yang mula-mula membeli produk dan berapa
pembeli yang melakukan pembelian ulang.
Titik berat marketing mix dalam tahap ini
adalah promosi. Ya sekali lagi promosi..
b. Tahap
Pertumbuhan
Dalam tahap ini muncul situasi terjadinya
pembelian ulang dan munculnya pembeli-pembeli baru. Hal ini ditandai oleh
beberapa kondisi sebagai berikut;
·
Muncul pesaing baru yang bergairah memasuki
pasar karena tertarik dengan kesempatan pasar yang ada serta sangat tertarik
dengan tawaran profitnya yang begitu manis.
·
Perusahaan mulai melakukan
perbaikan-perbaikan terhadap produknya
·
Harga produk cenderung tetap namun dengan
munculnya persaingan memungkinkan manajemen untuk melakukan penurunan harga.
·
Kegiatan periklanan mulai dikurangi dengan
tetap melihat kondisi persaingan yang terjadi. Jika persaingan cukup ketat
masih memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan kegiatan periklannya secara
agresif.
·
Kondisi penjualan sangat menggembirakan
karena mengalami peningkatan secara cepat dan signifikan.
Titik
berat marketing mix dalam tahap ini adalah distribusi.
c. Tahap
Kedewasaan
Dalam tahap ini ditandai dengan tiga kondisi
yang berbeda yaitu;
·
Tahap kedewasaan yang meningkat, dimana
penjualan total meningkat secara lambat.
·
Tahap kedewasaan yang stabil, dimana volume
penjualan mengalami kejenuhan atau konstan.
·
Tahap kedewasaan yang menurun, dimana tingkat
penjualan yang absolut mulai menurun akibat sebagian pelanggan sudah tidak
meminati lagi produk tersebut.
Titik
berat marketing mix dalam tahap ini adalah harga.
d. Tahap
Kemunduran
Dalam siklus kehidupan produk, tahap ini
ditentukan oleh beberapa faktor yaitu; perubahan selera konsumen, perubahan
kegiatan kompetitor, dan adanya kebijakan perusahaan untuk meninggalkan produk.
Dalam tahap ini penjualan menunjukkan arah
penurunan yang cukup tajam. Dalam kondisi seperti itu, ada perusahaan yang
memutuskan hengkang dari pasar dan mencoba untuk mencari kesempatan pasar di
bidang lain yang lebih menguntungkan.
Titik berat marketing mix dalam tahap ini
adalah pengurangan biaya.