Alexa Internet merupakan perusahaan jasa penyedia informasi website yang
pertama di dunia maya. Kelahirannya pada 17 Juli 1996 yang lalu merupakan hasil
kreatifitas para pendirinya yang memperhatikan perkembangan jumlah website yang
terus bertambah dari hari ke hari memerlukan suatu analisa yang tepat untuk
disajikan kepada para user internet tentang suatu website.
Tatkala Alexa hadir sebagai penyedia informasi website pertama kali di
dunia maya, jumlah website di dunia sudah mencapai 257.601 (sumber;
internetlivestat) dengan user mencapai 77.433.860 pada tahun 1996 yang silam. Dengan
kondisi itu, perusahaan ini masih mampu melaju dalam kompetisi online dengan
perbandingan antara website dan user mencapai 1: 301. Kalau kita lihat angka
jumlah internet pada akhir tahun 2013 yang lalu memang cukup mencengangkan
yaitu dengan 672.985.183 website dengan 2.756.198.420 user artinya satu website
memiliki 4 user saja. Kehadiran alexa dengan analisa umumnya tentang suatu
website mulai dari jumlah pengunjung, demografi audiens, geografi audiens,
persentasi pengunjung tiap negara, serta jajaran keyword yang digunakan oleh
suatu situs merupakan informasi yang sangat berguna bagi setiap user. Lantas, Siapa
user tersebut? User ini bisa diartikan perusahaan yang akan mempromosikan
produknya di suatu website. Dengan dasar informasi dari situs Alexa Internet
maka perusahaan pengiklan akan mengetahui apakah penempatan iklannya sesuai
dengan segmen pasar maupun geografis target pasar yang akan dituju. Efektifitas
iklannya juga dapat diukur dari data kunjungan terhadap website maupun perkiraan
income dari para visitornya. Jika website memiliki jumlah pengunjung yang
semakin besar maka peluang iklan tersebut dalam menciptakan omset akan semakin
besar. Dengan informasi tersebut, perusahaan pengiklan produk/ jasa dapat
mengetahui seberapa besar potensi produknya bisa diserap pasar.
Dalam jajaran jutaan website yang tersebar di dunia maya, Alexa masih mampu
menempati rangking traffic ke-1.616 (data per 15 Mei 2014) sebagai situs
penyedia informasi website dengan jumlah visitor unik per bulan yang mencapai
7.305.130. Prestasi ini memang masih jauh dibandingkan dengan induk
perusahaannya, yaitu Amazon. Perusahaan daring terbesar ini sejak 1999 telah
mengakuisisi Alexa secara resmi sebagai anak perusahaannya. Amazon sendiri
mampu menempati global rank pada posisi 12. Situs yang dikelola secara
profesional tentu saja akan mampu bertahan dalam menghadapi kompetisi bisnis
yang sangat ketat di dunia maya sekalipun. Tentu saja, Alexa Internet, Inc telah
membuktikan dirinya sebagai website komersial yang cukup tangguh baik dari segi
performa bisnis maupun dari sisi kekuatan finansialnya. Saat ini, memulai
bisnis di internet dengan hanya membangun website-nya saja tidak-lah cukup kuat
dalam menghadapi kompetisi. Membangun suatu website harus dengan jelas
mengkomunikasikan konsep dan misi bisnisnya. Tanpa konsep yang inovatif dan
kreatif maka suatu website akan dengan sangat mudah ditinggalkan oleh user on the
net. Bahkan, sangat sulit ter-index oleh mesin pencari secanggih Google
sekalipun. Kalau hal tersebut terjadi maka website tersebut akan sulit
melakukan bisnis-nya sekalipun produk dan jasa yang ditawarkannya sangat
kompetitif. Meskipun, website tersebut terkoneksi dengan media sosial belum
tentu mampu bertahan dalam kompetisi online yang sangat mudah diduplikasi oleh
siapapun.