Dalam dunia pemasaran ada
beberapa istilah unik pemasaran yang mungkin saja sudah pernah kita dengar atau
sering kita lihat prakteknya. Kali ini, Trafiklink coba menurunkan beberapa
istilah tersebut secara singkat;
Ambient Marketing
Istilah ini sebenarnya
berkaitan dengan usaha melakukan diferensiasi produk/ jasa. Hanya saja dalam
konsep ini menekankan pemasaran lebih aktif dalam memanfaatkan segala sumber
daya yang ada di lingkungannya dengan tujuan memenangkan persaingan di pasar. Ambient
marketing tidak terpaku atau terfokus pada marketing plan yang sudah disusun
tetapi pemasar harus lebih antisipatif dan adaptif terhadap segala perubahan
lingkungan bisnis yang kemungkinan akan terjadi secara mendadak.
Auction puffer
Artinya orang yang sengaja
melakukan penawaran-penawaran secara fiktif yang tujuannya hanya untuk
merangsang terwujudnya penawaran yang lebih tinggi.
Blind Articles
Barang-barang yang harganya
sulit diketahui oleh masyarakat awam atau berkaitan dengan kualitas produk yang
susah dicari bandingannya di pasar.
Buying Long
Pembelian yang dilakukan
oleh pedagang spekulan dengan harapan bahwa barang/ produk yang dibelinya
nantinya akan mengalami peningkatan harga.
Commercial Bribery
Suatu tindakan untuk
memberikan insentif kepada pembeli baik dalam dalam bentuk uang, hadiah, atau
hiburan plus yang bertujuan semata untuk membuat deal atau menciptakan
penjualan.
Ego Drive
Suatu kebutuhan pribadi yang
kuat dari dalam diri seorang penjual untuk melakukan aksi penjualan dengan
maksimal
Fad
Istilah ini awalnya sering
dipakai di dunia mode/ fashion yang menggambarkan munculnya suatu produk yang bisa
diterima dengan cepat oleh masyarakat dan popularitas bertumbuh semakin cepat
dalam jangka pendek. Namun, popularitasnya juga bisa menurun dengan cepat pula.
Namun istilah Fad sudah masuk ke berbagai macam produk atau jasa bhkan ke ranah
sosial. Misalnya gadget atau kemunculan seorang artis musik pendatang baru yang
lagi hit lagunya di kalangan remaja.
Free Deal
Pemberian hadiah berupa
barang tertentu apabila sejumlah barang barang telah dibeli. Misalnya, beli 2
gratis 1.
Judgement Pricing
Penentuan harga lebih
didasarkan pada keputusan top manajemen dan tidak didasarkan pada hukum supply
and demand. Misal, harga premi asuransi.
Talkactive Consumer
Pelanggan yang ingin ngobrol
tentang segala sesuatu di luar kontek transaksi pembelian produk.