Kamis, 06 Maret 2014

Contoh Bisnis Waralaba Terpercaya



Banyak diantara kita yang mengalami kesulitan dalam memulai suatu bisnis akibat kendala dana atau ketiadaan pengalaman/keahlian atau kedua-duanya. Menjadi entrepreneur yang identik sebagai seorang inventor merupakan kondisi luar biasa yang diluar kendali diri kita sendiri. Tidak semua orang bisa memasuki dunia tersebut. Namun semangat bisnis masih tetap akan menyala tatkala masih ada orang yang mau menciptakan sistem bisnis yang mudah untuk dilakukan duplikasi serta menguntungkan. Salah satu contohnya adalah waralaba. Bisnis ini identik dengan bisnis yang mudah ditiru, menguntungkan, terpercaya dan berkelanjutan. Adalah MacDonald’s yang pertama kali menjadi contoh bisnis waralaba terpercaya di California tepatnya di San Bernardino.
Mengapa McDonald’s dijadikan contoh bisnis waralaba terpercaya? Kehadirannya di tahun 1940 dengan konsep waralaba sempat ditentang keras oleh konggres USA dan kala itu belum ada satu orang pun yang berani membeli lisensinya sampai Ray Krock berkunjung ke markas McDonald’s pada tahun 1955 yang disertai dengan angin segar perubahan bisnis. Dia-lah yang pertama kali berani membeli lisensi bisnis hamburger tersebut. Keberaniannya dilandasi oleh pemikiran dan keyakinan bahwa jika pengusaha waralaba ingin sukses harus mampu dan bisa mengembangkan satu sistem bisnis waralaba yang teruji dan terbukti keberhasilan dan keberlanjutannya. Sejak itu, dia melakukan serangkaian uji coba sistem waralaba yang pas untuk McDonald’s dengan menelan biaya yang cukup fantastis yaitu $ 3 juta !. Investasinya tidak sia-sia, terbukti setiap dua hari sekali ada satu gerai McDonald’s yang dibuka diberbagai sudut kota dunia sekarang ini. Konsep meniru dalam bisnis waralabanya juga diperkuat dengan sistem pendidikan dengan mendirikan Hamburger University dengan tujuan setiap investor yang akan terjun mengelola bisnis berlisensi ini memahami setiap detil dari sistem bisnisnya sehingga mampu menjalankan dan mendapatkan keuntungan yang pasti.
Yang menjadi patokan bagi manajemen adalah setiap pemilik lisensi McDonald’s tidak boleh gagal dalam menjalankan bisnisnya. Ini merupakan jaminan dari owner McDonald’s. Jaminan semacam ini merupakan poin yang penting dan krusial agar setiap investor merasa aman dengan dana investasinya dan selalu puas dengan angka-angka omset yang terus tergulung setiap hari di dalam rekeningnya. Maka dari itu, perusahaan ini bisa menjadi contoh bisnis waralaba yang terpercaya. Semangat ini agar menular ke calon pebisnis waralaba lainnya agar selalu memastikan bahwa sistem waralabanya sudah teruji dan terbukti serta bisa membedakan diri dari berbagai bentuk model bisnis yang baru di taraf bussines opportunity saja.
Dengan demikian, setiap tawaran bisnis waralaba di sektor apapun sudah bisa dipastikan bahwa bisnis tersebut dapat dibuktikan keberhasilannya serta sudah banyak investor(franchisee) yang mengikutinya dengan tingkat kepuasan yang optimal. Inilah situasi kerjasama yang win-win solution...