Banyak diantara kita yang mengalami
kesulitan dalam memulai suatu bisnis akibat kendala dana atau ketiadaan
pengalaman/keahlian atau kedua-duanya. Menjadi entrepreneur yang identik
sebagai seorang inventor merupakan kondisi luar biasa yang diluar kendali diri
kita sendiri. Tidak semua orang bisa memasuki dunia tersebut. Namun semangat
bisnis masih tetap akan menyala tatkala masih ada orang yang mau menciptakan
sistem bisnis yang mudah untuk dilakukan duplikasi serta menguntungkan. Salah
satu contohnya adalah waralaba. Bisnis ini identik dengan bisnis yang mudah
ditiru, menguntungkan, terpercaya dan berkelanjutan. Adalah MacDonald’s yang
pertama kali menjadi contoh bisnis waralaba terpercaya di California tepatnya
di San Bernardino.
Mengapa McDonald’s dijadikan contoh
bisnis waralaba terpercaya? Kehadirannya di tahun 1940 dengan konsep waralaba
sempat ditentang keras oleh konggres USA dan kala itu belum ada satu orang pun
yang berani membeli lisensinya sampai Ray Krock berkunjung ke markas McDonald’s
pada tahun 1955 yang disertai dengan angin segar perubahan bisnis. Dia-lah yang
pertama kali berani membeli lisensi bisnis hamburger tersebut. Keberaniannya
dilandasi oleh pemikiran dan keyakinan bahwa jika pengusaha waralaba ingin
sukses harus mampu dan bisa mengembangkan satu sistem bisnis waralaba yang
teruji dan terbukti keberhasilan dan keberlanjutannya. Sejak itu, dia melakukan
serangkaian uji coba sistem waralaba yang pas untuk McDonald’s dengan menelan
biaya yang cukup fantastis yaitu $ 3 juta !. Investasinya tidak sia-sia,
terbukti setiap dua hari sekali ada satu gerai McDonald’s yang dibuka
diberbagai sudut kota dunia sekarang ini. Konsep meniru dalam bisnis
waralabanya juga diperkuat dengan sistem pendidikan dengan mendirikan Hamburger
University dengan tujuan setiap investor yang akan terjun mengelola bisnis
berlisensi ini memahami setiap detil dari sistem bisnisnya sehingga mampu menjalankan
dan mendapatkan keuntungan yang pasti.
Yang menjadi patokan bagi manajemen
adalah setiap pemilik lisensi McDonald’s tidak boleh gagal dalam menjalankan
bisnisnya. Ini merupakan jaminan dari owner McDonald’s. Jaminan semacam ini
merupakan poin yang penting dan krusial agar setiap investor merasa aman dengan
dana investasinya dan selalu puas dengan angka-angka omset yang terus tergulung
setiap hari di dalam rekeningnya. Maka dari itu, perusahaan ini bisa menjadi
contoh bisnis waralaba yang terpercaya. Semangat ini agar menular ke calon
pebisnis waralaba lainnya agar selalu memastikan bahwa sistem waralabanya sudah
teruji dan terbukti serta bisa membedakan diri dari berbagai bentuk model
bisnis yang baru di taraf bussines opportunity saja.
Dengan demikian, setiap tawaran
bisnis waralaba di sektor apapun sudah bisa dipastikan bahwa bisnis tersebut
dapat dibuktikan keberhasilannya serta sudah banyak investor(franchisee) yang
mengikutinya dengan tingkat kepuasan yang optimal. Inilah situasi kerjasama
yang win-win solution...