Rabu, 03 Juni 2015

Istilah Unik Pemasaran



Dalam dunia pemasaran ada beberapa istilah unik pemasaran yang mungkin saja sudah pernah kita dengar atau sering kita lihat prakteknya. Kali ini, Trafiklink coba menurunkan beberapa istilah tersebut secara singkat;
Ambient Marketing
Istilah ini sebenarnya berkaitan dengan usaha melakukan diferensiasi produk/ jasa. Hanya saja dalam konsep ini menekankan pemasaran lebih aktif dalam memanfaatkan segala sumber daya yang ada di lingkungannya dengan tujuan memenangkan persaingan di pasar. Ambient marketing tidak terpaku atau terfokus pada marketing plan yang sudah disusun tetapi pemasar harus lebih antisipatif dan adaptif terhadap segala perubahan lingkungan bisnis yang kemungkinan akan terjadi secara mendadak.
Auction puffer
Artinya orang yang sengaja melakukan penawaran-penawaran secara fiktif yang tujuannya hanya untuk merangsang terwujudnya penawaran yang lebih tinggi.
Blind Articles
Barang-barang yang harganya sulit diketahui oleh masyarakat awam atau berkaitan dengan kualitas produk yang susah dicari bandingannya di pasar.
Buying Long
Pembelian yang dilakukan oleh pedagang spekulan dengan harapan bahwa barang/ produk yang dibelinya nantinya akan mengalami peningkatan harga.
Commercial Bribery
Suatu tindakan untuk memberikan insentif kepada pembeli baik dalam dalam bentuk uang, hadiah, atau hiburan plus yang bertujuan semata untuk membuat deal atau menciptakan penjualan.
Ego Drive
Suatu kebutuhan pribadi yang kuat dari dalam diri seorang penjual untuk melakukan aksi penjualan dengan maksimal
Fad
Istilah ini awalnya sering dipakai di dunia mode/ fashion yang menggambarkan munculnya suatu produk yang bisa diterima dengan cepat oleh masyarakat dan popularitas bertumbuh semakin cepat dalam jangka pendek. Namun, popularitasnya juga bisa menurun dengan cepat pula. Namun istilah Fad sudah masuk ke berbagai macam produk atau jasa bhkan ke ranah sosial. Misalnya gadget atau kemunculan seorang artis musik pendatang baru yang lagi hit lagunya di kalangan remaja.
Free Deal
Pemberian hadiah berupa barang tertentu apabila sejumlah barang barang telah dibeli. Misalnya, beli 2 gratis 1.
Judgement Pricing
Penentuan harga lebih didasarkan pada keputusan top manajemen dan tidak didasarkan pada hukum supply and demand. Misal, harga premi asuransi.
Talkactive Consumer
Pelanggan yang ingin ngobrol tentang segala sesuatu di luar kontek transaksi pembelian produk.