Kamis, 23 April 2015

Ranking Startup Indonesia



Menarik sekaligus menyenangkan melihat-lihat ranking startup Indonesia di situs Ranking Startup. Ternyata situs yang berpusat di Lima, Peru ini telah berselancar di dunia maya sejak 2008 yang silam dan masih eksis hingga tulisan ini diturunkan. Menariknya, situs ini membuat ranking secara global sekaligus ranking secara regional dimana startup beroperasi di wilayahnya masing-masing. Seperti yang kita ketahui perusahaan startup yang berbasis teknologi dan internet meliputi 28 jenis ya, diantaranya; deals, communications, search, listing, blogging, jobs, news, community, music, local discovery, gaming, online retail, dating, social discovery, payment, real estate, ticketing, events, finance, biz networking, rentals, dining, travel, auto, transportation, education, microwork, dan subscription retail.
Ranking Startup menggunakan istilah SR score untuk menilai dan memberi peringkat terhadap situs startup mulai dari skala 0 sampai dengan 100.000. Semakin tinggi nilai scorenya maka startup tersebut dinilai bagus. SR score ini bekerja berdasarkan SR Web dan SR Social. SR web dinilai dari factor link internal dan link eksternal yang berhasil dibangun oleh startup. Semakin banyak link-nya ya semakin bagus scorenya. Selain itu, factor SEO dan factor audiens juga mempengaruhi nilai score tersebut. Audiens ini ditinjau dari sisi jumlah visitor unik, durasi visit, dan jumlah pageview. Semakin banyak pengunjungnya maka score juga ikut terkerek naik. Ini merupakan tantangan bagi owner startup soal bagaimana meningkatkan trafik link-nya. Sementara itu, untuk SR Social menggunakan parameter dari Facebook dan Twitter.
Bagaimana ranking startup Indonesia? woow, berikut ini list 21 startup Indonesia terbaik sesuai update data 23/04/15di Rankingstartup.com;
1.    Lintas.me
Global SRank : 70
SR Score : 87,985
Indonesia SRank : 1
2.    Tokopedia
Global SRank : 101
SR Score : 86,731
Indonesia SRank : 2
3.    Bhinneka
Global SRank : 106
SR Score : 86,530
Indonesia SRank : 3
4.    Lazada Indonesia
Global SRank : 168
SR Score : 85,604
Indonesia SRank : 4
5.    Traveloka.com
Global SRank : 211
SR Score : 84,224
Indonesia SRank : 5
6.    Tiket
Global SRank : 246
SR Score : 83,450
Indonesia SRank : 6
7.    Zalora Indonesia
8.    Elevenia
9.    Urbanindo
10. DailySocial
11. Bukalapak
12. Blibli.com
13. Rumah
14. Pulsk
15. Berrybenka
16. Mivo
17. StartupBisnis
18. LewatMana
19. IndoTrading
20. Jakarta Notebook
21. PriceArea

Adanya ranking seperti ini juga bermanfaat bagi para calon investor yang memiliki rencana untuk berinvestasi pada bisnis startup di Indonesia. Dengan informasi seperti yang disajikan oleh Startup Ranking maka investor dapat melihat secara jelas performa situs secara global sehingga pelaksanaan rencana investasi juga lebih efektif. Seperti Tokopedia yang telah mendapat suntikan dana dari VC asing. Maupun PriceArea yang diakuisisi oleh salah perusahaan dari Asia. Dari data itu, online retail masih cukup mendominasi dalam bisnis startup, meski jenis startup lainnya juga patut diacungi jempol. Jenis startup real estate, education, news, dan ticketing masih menunjukkan performanya yang bagus dalam SRank-nya. Nampak pula industry startup lokal dan asing cukup bersaing dalam memperebutkan trafik atau visitor. Semoga semakin banyak startup-startup baru bermunculan dan sukses di dunia digital Indonesia.