Sabtu, 22 November 2014

Parameter Penilaian Website Bisnis Terbaik



Era pemasaran digital sudah tentu merupakan salah satu strategi pemasaran yang kini banyak diaplikasikan oleh berbagai perusahaan yang ingin menggapai segmen pasar yang dituju. Berbagai situs dot com sudah banyak beredar di dunia maya sekarang ini. Namun, apakah setiap owner bisnis sudah memiliki parameter yang jelas dalam membangun website sebagai salah satu ujung tombak penjualannya?. Berikut ini sekilas parameter penilaian website bisnis terbaik yang dapat dijadikan sebagai referensi dalam membangun suatu situs bisnis yang efektif menjangkau segmen pasar yang dituju.
Sebuah website bisnis atau situs e-commerce yang terbaik sudah barang tentu harus memiliki 6 kriteria atau di kenal dengan 6 C yaitu;
a.    CONTENT
Tentu saja konten sangat menentukan bagi suatu web dimata search engine. Dengan keberagaman konten dapat memudahkan pelanggan memahami segala sesuatu yang berkaitan dengan produk/ jasa yang ditawarkan didalamnya. Selain itu beragam info menarik lainnya juga bisa membantu pelanggan untuk tetap fokus di web tersebut.
b.    CONTEXT
Disain website harus dibuat semenarik mungkin sesuai dengan misi atau soul of bussines yang ditawarkan kepada publik. Disain web diharapkan juga mewakili karakter segmen pasar yang akan dituju.
c.    CUSTOMIZATION
Memudahkan setiap pelanggannya untuk menggunakan menu-menu yang tersedia di dalam web sehingga dapat mempercepat apa yang dibutuhkan pelanggan untuk mencari info yang dibutuhkannya. Web dapat dipergunakan dalam berbagai bentuk aplikasi baik itu PC atau android, dll
d.    CONNECTION
Kecepatan akses dari menu ke menu sangat menentukan bagi pelanggan karena jika page speed suatu web lambat dapat mempersulit pelanggan yang terbatas waktunya  dan pada akhirnya membuat pelanggan tersebut kecewa.
e.    COMMERCE
Memudahkan setiap pelanggan untuk melakukan transaksi bisnis dalam hitungan detik. Istilahnya hanya dengan sekali klik transaksi dapat berjalan dengan cepat dan lancar
f.     COMMUNITY
Suatu website atau situs bisnis harus mampu menjangkau sebanyak mungkin komunitas terutama komunitas dalam media sosial sehingga semakin banyak yang bergabung itu menandakan website tersebut mengalami perkembangan yang baik. Tentu saja, kondisi tersebut bisa dijadikan sebagai parameter base customer yang potential dalam bisnis.
Ke enam kriteria atau parameter penilaian website bisnis terbaik tersebut minimal menjadi patokan bagi pebisnis online yang ingin mengembangkan marketnya di dunia maya. Lagi-lagi kreatifitas disini juga memainkan peran strategis agar menjadi different terhadap kompetitor yang ada.