Era pemasaran digital sudah
tentu merupakan salah satu strategi pemasaran yang kini banyak diaplikasikan
oleh berbagai perusahaan yang ingin menggapai segmen pasar yang dituju.
Berbagai situs dot com sudah banyak beredar di dunia maya sekarang ini. Namun, apakah
setiap owner bisnis sudah memiliki parameter yang jelas dalam membangun website
sebagai salah satu ujung tombak penjualannya?. Berikut ini sekilas parameter
penilaian website bisnis terbaik yang dapat dijadikan sebagai referensi dalam
membangun suatu situs bisnis yang efektif menjangkau segmen pasar yang dituju.
Sebuah website bisnis atau
situs e-commerce yang terbaik sudah barang tentu harus memiliki 6 kriteria atau
di kenal dengan 6 C yaitu;
a. CONTENT
Tentu saja konten sangat menentukan bagi
suatu web dimata search engine. Dengan keberagaman konten dapat memudahkan
pelanggan memahami segala sesuatu yang berkaitan dengan produk/ jasa yang
ditawarkan didalamnya. Selain itu beragam info menarik lainnya juga bisa
membantu pelanggan untuk tetap fokus di web tersebut.
b. CONTEXT
Disain website harus dibuat semenarik mungkin
sesuai dengan misi atau soul of bussines yang ditawarkan kepada publik. Disain
web diharapkan juga mewakili karakter segmen pasar yang akan dituju.
c. CUSTOMIZATION
Memudahkan setiap pelanggannya untuk
menggunakan menu-menu yang tersedia di dalam web sehingga dapat mempercepat apa
yang dibutuhkan pelanggan untuk mencari info yang dibutuhkannya. Web dapat
dipergunakan dalam berbagai bentuk aplikasi baik itu PC atau android, dll
d. CONNECTION
Kecepatan akses dari menu ke menu sangat
menentukan bagi pelanggan karena jika page speed suatu web lambat dapat
mempersulit pelanggan yang terbatas waktunya dan pada akhirnya membuat pelanggan tersebut kecewa.
e. COMMERCE
Memudahkan setiap pelanggan untuk melakukan
transaksi bisnis dalam hitungan detik. Istilahnya hanya dengan sekali klik
transaksi dapat berjalan dengan cepat dan lancar
f. COMMUNITY
Suatu website atau situs bisnis harus mampu menjangkau
sebanyak mungkin komunitas terutama komunitas dalam media sosial sehingga
semakin banyak yang bergabung itu menandakan website tersebut mengalami
perkembangan yang baik. Tentu saja, kondisi tersebut bisa dijadikan sebagai
parameter base customer yang potential dalam bisnis.
Ke enam kriteria atau
parameter penilaian website bisnis terbaik tersebut minimal menjadi patokan
bagi pebisnis online yang ingin mengembangkan marketnya di dunia maya. Lagi-lagi
kreatifitas disini juga memainkan peran strategis agar menjadi different
terhadap kompetitor yang ada.