Jumat, 14 November 2014

Ciri-Ciri Orang Bebas Hutang



Menemukan ciri-ciri orang bebas hutang di masa sekarang memang gampang-gampang susah ya. Terlebih sekarang ini, semua lembaga keuangan perbankan dan lembaga keuangan mikro lainnya berlomba-lomba menawarkan hutang dengan beragam skemanya. Apalagi ada idiom yang menyebutkan bahwa kalo memiliki hutang justru memicu semangat kerja kita. Tapi yang menarik dari sumber  moneytalknews, Len Penzo justru  mengungkapkan ada beberapa ciri-ciri orang yang bebas hutang.
Nah, ciri-ciri orang bebas hutang itu seperti apa ya? Berikut ciri-ciri tersebut ;
a.    Detail Keuangan. Orang yang berciri bebas hutang pasti tahu persis sumber income dan keluarnya income mereka. Itu dibuktikan dengan catatan-catatan sederhana tentang keluar masuknya kas mereka. Kepedulian pada arus kas keuangan tersebut membuat mereka sangat paham pola pengeluaran yang terjadi.
b.    Hutang sama dengan menggadaikan masa depan. Bagi mereka, hutang hanyalah kenikmatan instan di masa sekarang tetapi yang pasti akan mengorbankan pendapatan di masa depan. Semakin besar hutang kita maka akan semakin kita dituntut untuk bekerja keras guna membayar hutang tersebut. Dan bisa jadi akan melupakan aktivitas menabung dalam arti income yang didapat digunakan terlebih dulu kebutuhan hidup dan menutup hutang jika ada sisa akan ditabung. Padahal ini merupakan prilaku keuangan yang buruk.
c.    Pragmatis. Orang-orang yang bebas hutang biasanya melihat sesuatu dari nilainya. Jika beli mobil ya fungsinya untuk mengangkut dan mengantarkan diri ke berbagai tujuan sesuai rencana harian. Mereka tidak mempedulikan terhadap keberadaan mobil mewah yang jika dibelipun fungsinya sama dengan mobil yang sudah dimiliki sekarang ini. Pendek kata buat apa memaksakan diri beli mobil mewah jika mobil yang sudah ada masih berfungsi dengan baik dan dalam kondisi prima.
d.    Percaya Diri. Mereka menolak diukur berdasarkan apa yang mereka miliki, sehingga mereka tidak merasa mendapat tekanan untuk mengeluarkan uang hanya untuk pamer atau membeli sesuatu yang sifatnya hanya mengikuti trend gaya hidup belaka. Mereka memahami bahwa hidup bukan soal kepemilikan dan pamer kekayaan. Sukses bukan diartikan secara sempit untuk memiliki segala sesuatu (to Have) tetapi sukses itu bernilai bagi diri sendiri dan orang lain.
e.    Sabar. Jika mereka membeli sesuatu tetapi uang tidak cukup maka mereka akan menundanya dan lebih fokus untuk menabung di awal sampai uangnya cukup untuk membeli barang tersebut.
Itulah sebagian ciri-ciri orang bebas hutang yang bisa ditulis oleh Trafiklink dalam kesempatan ini. Karena ciri-ciri tersebut sudah cukup mewakili untuk menilai apakah diri kita sudah termasuk orang yang bebas hutang. Selamat berkontemplasi…