Kamis, 14 Agustus 2014

Kesempatan Pasar



Kali ini Trafiklink mengangkat tema kesempatan pasar yang bermanfaat untuk mengetahui apa alasan kita harus melakukan analisa kesempatan pasar. Terlebih dulu, kita pahami dulu apa arti pasar itu sendiri. Pasar adalah orang-orang yang mempunyai keinginan untuk puas, memiliki uang untuk berbelanja dan kemauan untuk membelanjakannya. Sedangkan definisi lain menyatakan bahwa pasar adalah kelompok pembeli potensial dari produk dan merek yang ada.
Analisa kesempatan pasar biasanya dilakukan sebelum suatu perusahaan menentukan apa tujuan organisasinya. Alasan melakukan analisa kesempatan pasar ada bermacam-macam diantaranya sebagai berikut;
a.    Banyak perusahaan yang memulai usahanya karena mereka mengetahui adanya kesempatan yang sangat baik.
b.    Banyak perusahaan yang belum mempunyai tujuan yang jelas dan spesifik serta mengalami kesulitan tentang apa yang sedang mereka butuhkan sebenarnya.
c.    Ada perusahaan yang mengubah tujuannya karena adanya perubahan kesempatan lingkungan.
d.    Perusahaan memulai usahanya karena sudah tersedia berbagai sumber di perusahaan.
Kesempatan pasar ini pada dasarnya dibedakan dalam dua kategori, yaitu;
1.    Kesempatan Lingkungan
Kesempatan lingkungan ini muncul dari adanya kebutuhan yang belum terpenuhi dalam aktivitas ekonomi. Perusahaan menganggap kesempatan ini menguntungkan jikalau mampu untuk memenuhi kebutuhan yang belum terpenuhi tersebut. Contohnya, banyak masyarakat yang mengeluhkan kehadiran sampah plastik (botol plastik bekas) yang tidak bisa diurai secara alami. Barang ini sudah dikenal namun tidak memiliki nilai di pasar. Namun di tangan seorang Akinori Ito dari Jepang, sampah botol plastik dapat diubah menjadi bahan bakar bensin atau solar. Dia menemukan mesin yang mampu mengolah plastik bekas menjadi bbm. Dengan teknologi yang berhasil dia temukan kemudian didirikanlah  perusahaan dengan nama Blest. Perusahaan ini tidak hanya memproduksi mesin pengolah bbm dari sampah plastik tetapi juga melakukan edukasi kelestarian lingkungan hidup ke berbagai negara. Inilah suatu aktivitas yang mengkombinasikan faktor sosial dan faktor komersial.
2.    Kesempatan Perusahaan
Kesempatan ini muncul dari sisi-sisi keunggulan yang dimiliki perusahaan terhadap para pesaingnya. Keunggulan tersebut antara lain;
v  Mampu menekan biaya lebih rendah
v  Mampu menentukan harga lebih rendah
v Mampu mendayagunakan berbagai alternative saluran distribusi secara efisien
v  Serta mampu melakukan program promosi yang efektif dan agresif.
Kesuksesan bisnis suatu perusahaan tentu saja bisa terwujud jika kedua kategori kesempatan pasar tersebut bersinergi antara kesempatan lingkungan dan kesempatan perusahaan.