Kali ini Trafiklink
mengangkat tema kesempatan pasar yang bermanfaat untuk mengetahui apa alasan kita
harus melakukan analisa kesempatan pasar. Terlebih dulu, kita pahami dulu apa
arti pasar itu sendiri. Pasar adalah orang-orang yang mempunyai keinginan untuk
puas, memiliki uang untuk berbelanja dan kemauan untuk membelanjakannya. Sedangkan
definisi lain menyatakan bahwa pasar adalah kelompok pembeli potensial dari
produk dan merek yang ada.
Analisa kesempatan pasar
biasanya dilakukan sebelum suatu perusahaan menentukan apa tujuan
organisasinya. Alasan melakukan analisa kesempatan pasar ada bermacam-macam
diantaranya sebagai berikut;
a. Banyak
perusahaan yang memulai usahanya karena mereka mengetahui adanya kesempatan
yang sangat baik.
b. Banyak
perusahaan yang belum mempunyai tujuan yang jelas dan spesifik serta mengalami
kesulitan tentang apa yang sedang mereka butuhkan sebenarnya.
c. Ada perusahaan
yang mengubah tujuannya karena adanya perubahan kesempatan lingkungan.
d. Perusahaan
memulai usahanya karena sudah tersedia berbagai sumber di perusahaan.
Kesempatan pasar ini pada
dasarnya dibedakan dalam dua kategori, yaitu;
1. Kesempatan
Lingkungan
Kesempatan lingkungan ini muncul dari adanya
kebutuhan yang belum terpenuhi dalam aktivitas ekonomi. Perusahaan menganggap
kesempatan ini menguntungkan jikalau mampu untuk memenuhi kebutuhan yang belum
terpenuhi tersebut. Contohnya, banyak masyarakat yang mengeluhkan kehadiran
sampah plastik (botol plastik bekas) yang tidak bisa diurai secara alami. Barang
ini sudah dikenal namun tidak memiliki nilai di pasar. Namun di tangan seorang
Akinori Ito dari Jepang, sampah botol plastik dapat diubah menjadi bahan bakar
bensin atau solar. Dia menemukan mesin yang mampu mengolah plastik bekas
menjadi bbm. Dengan teknologi yang berhasil dia temukan kemudian didirikanlah perusahaan dengan nama Blest. Perusahaan ini
tidak hanya memproduksi mesin pengolah bbm dari sampah plastik tetapi juga
melakukan edukasi kelestarian lingkungan hidup ke berbagai negara. Inilah suatu
aktivitas yang mengkombinasikan faktor sosial dan faktor komersial.
2. Kesempatan
Perusahaan
Kesempatan ini muncul dari sisi-sisi
keunggulan yang dimiliki perusahaan terhadap para pesaingnya. Keunggulan tersebut
antara lain;
v Mampu
menekan biaya lebih rendah
v Mampu
menentukan harga lebih rendah
v Mampu
mendayagunakan berbagai alternative saluran distribusi secara efisien
v Serta
mampu melakukan program promosi yang efektif dan agresif.
Kesuksesan bisnis suatu
perusahaan tentu saja bisa terwujud jika kedua kategori kesempatan pasar
tersebut bersinergi antara kesempatan lingkungan dan kesempatan perusahaan.